Perbankan Siap Melayani Pembayaran Menggunakan Uang Elektronik di Tol Balsam

Katuju.id - Direncanakan Maret 2020 tol Balikpapan - Samarinda akan diresmikan oleh Presiden RI, Joko Widodo.

Nah, untuk memenuhi kewajiban pembayaran di tol Balsam. Dari perbankan akan menyiapkan kartu uang elektronik bagi masyarakat yang menggunakan tol pertama di Kalimantan tersebut.

Kartu uang elektronik sendiri bisa dipilih oleh masyarakat pengguna tol Balsam dari berbagai macam perbankan, di BRI (Brizzi), BNI (TapCash), Mandiri (e-Money), BCA (Flazz) dan BTN (Blink).

Bahkan kedepannya, disiapkan penambahan uang elektronik (UE) dari pihak lainnya sehingga memudahkan masyarakat sebagai pengguna tol Balsam.

Kepala Kantor Perwakilan BI Provinsi Kaltim, Tutuk SH Cahyono mengatakan untuk pembelian kartu UE dapat dilakukan di sejumlah bank penerbit UE maupun di mini market. "Untuk isi ulang dapat dilakukan melalui mobile banking, ATM dan kantor bank penerbit," tuturnya.

Tutuk juga memberikan beberapa tips agar UE tidak mengalami permasalahan saat digunakan di gardu tol. Pertama, uang elektronik yang dimiliki masyarakat sudah harus terisi saldo di dalamnya dan mencukupi. Kemudian, setiap pengguna tol harus dua kali tapping, yaitu keluar masuk gerbang jalan tol dan terakhir pastikan tapping saat masuk dan keluar gerbang tol menggunakan kartu UE yang sama.

Nah, untuk memastikan kelancaran sistem pembayaran dengan kartu UE di tol Balsam, PT Jalan Tol Balikpapan Samarinda dan Bank Indonesia serta semua bank yang terlibat sampai penyedia kartu UE sudah melakukan uji coba dengan lancar pada 11 Desember 2019.

"Diharapkan masyarakat dan semua pihak terkait pengguna tol Balsam tidak menghadapi kendala ketika diberlakukan penggunaan UE pada tol Balsam," harap Tutuk.

Perhatian

Artikel ini merupakan tulisan pembaca Katuju.id. Penggunaan konten milik pihak lain sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis.