ASN Bakal Kerja Dirumah? Ini Pernyataan Wawali

Katuju.id - Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kementerian PAN-RB) saat ini tengah menggodok skema kerja ASN tak wajib ngantor alias akan bekerja secara mobile. Bahkan libur ASN akan dimulai hari Jumat.

Uji coba tersebut diwacanakan awal tahun 2020 namun dengan beberapa penilaian. Yang mana penilaian dibagi berapa kategori, jika 20 persen ASN yang masuk kategori terbaik akan mendapat kemudahan dan keistimewaan baik finansial maupun non finansial. Salah satunya privilegenya bisa berkantor di rumah saja.

Menanggapi hal ini, Wakil Wali Kota Samarinda, M Barkati mengatakan Pemkot Samarinda akan mengikuti peraturan yang masih diwacanakan tersebut.

"Bakal patuh sama aturan pemerintah pusat, kan daerah hanya sebagai pelaksana," kata Barkati, Selasa (10/12).

Disinggung tentang pengawasan kinerja ASN sendiri, Barkati berkata kemungkinan ada beberapa pertimbangan dari pemerintah pusat, karena tidak mungkin membuat kebijakan tanpa memikirkan dampaknya.

"Kalau diterapkan seperti itu, ya kemungkinan akan gampang menilai dan mengawasinya kinerja ASN," katanya.

Pun, soal libur ASN dimulai hari Jumat. Lag-lagi Barkati mengatakan karena masih wacana di pemerintah pusat jadi ditunggu saja.

"Kan wacana apa itu bisa diterima atau ngga apalagi banyak pertimbangannya," tutupnya.

Perhatian

Artikel ini merupakan tulisan pembaca Katuju.id. Penggunaan konten milik pihak lain sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis.