Memperingati Hari Binatang Sedunia, Komunitas CSR Kirim Bunga ke BBKSDA Riau

Katuju.id - Memperingati Hari Binatang Sedunia, Komunitas Cinta Satwa Riau (CSR) mengirimkan bunga ke Kantor Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam (BBKSDA) Provinsi Riau, 4 Oktober 2018.

Yamin selaku penanggung jawab Komunitas Cinta Satwa Riau menuturkan aksi ini sebagai bentuk keperihatinan mereka atas kesejahteraan satwa di Indonesia. Terutama kelangsungan hidup primata (monyet) yang dianggap telah berada di level memperihatinkan.

"Hingga kini banyak ibu monyet yang telah dibunuh secara brutal untuk diambil anak-anaknya," tuturnya kepada bertuahpos.com.

Yamin menuturkan, gerakan memberikan bunga ke Kantor BBKSDA terdekat ini merupakan gerakan serentak yang dilakukan komunitas pecinta binatang yang ada di seluruh Indonesia.

"Tidak hanya di Riau, tapi seluruh Indonesia membuat gerakan ini sebagai bentuk belasungkawa atas perdagangan hewan khususnya monyet," tegasnya.

Selain itu, Yamin menjelaskan di peringatan Hari Binatang Sedunia tahun 2018 ini, pihaknya secara nasional turut mendesak Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) melarang perdagangan primata di seluruh Indonesia.

"Pada dasarnya perdagangan tersebut telah melanggar prinsip kesejahteraan satwa," pungkasnya.

Sedikit informasi, seperti yang dikutip dari Kumparan, Hari Binatang Sedunia lahir sejak tahun 1929. Peringatan Hari Binatang Sedunia awalnya diperingati di Berlin, Jerman. Saat itu peringatan Hari Binatang Sedunia hanya diikuti oleh komunitas pecinta binatang dari empat negara saja, seperti Jerman, Cekoslovakia, Austria dan Swiss.

sumber: https://www.bertuahpos.com