Selain ITB, Ini Loh Deretan Universitas Yang Jadi Favorit Unicorn RI

Katuju.id- sejumlah startup berbasis teknologi di Indonesia tidak terlepas dari peran sumber daya manusia (SDM) yang mumpuni.

Pasalnya SDM merupakan aset paling berharga yang dimiliki oleh perusahaan. Tanpa kinerja SDM yang cemerlang, agak mustahil sebuah startup bisa menyandang gelar Unicorn (valuasi lebih dari US$ 1 miliar).

Kualitas SDM sudah tentu akan memiliki hubungan yang erat dengan kualitas pendidikan yang dimilikinya. Sudah bukan rahasia lagi bahwa unicorn-unicorn asal Indonesia lebih menggemari lulusan universitas yang memiliki nama besar.

Berdasarkan penelusuran Tim Riset CNBC Indonesia di jejaring sosial LinkedIn, ternyata ada tiga universitas yang lulusannya amat digemari oleh empat unicorn asal Indonesia. Dalam hal ini, empat perusahaan yang menjadi tinjauan adalah Tokopedia, Bukalapak, Gojek, dan Traveloka.


Profil Pegawai Berdasarkan Universitas


1. Universitas Indonesia (UI)

Tiga dari empat unicorn ternyata memiliki alumni UI paling banyak dibanding lulusan universitas lainnya. Paling banyak adalah Bukalapak yang memiliki 325 orang lulusan UI. Padahal diketahui bahwa Ahmad Zaky, pendiri Bukalapak, adalah lulusan Institut Teknologi Bandung (ITB). Hanya di Tokopedia saja dimana lulusan UI bukan merupakan yang paling banyak.

Universitas yang terletak di Jakarta dan Depok ini memang sudah lama menjadi unggulan di Indonesia. Jumlah jurusan yang beragam menjadikan lulusan UI dapat masuk ke berbagai bidang pekerjaan. Ini juga menjadi salah satu alasan serapan lulusan UI di dunia kerja menjadi sangat banyak.

Universitas Indonesia merupakan lembaga pendidikan tinggi yang pertama di Indonesia. Bahkan cikal bakal UI sudah ada pada zaman kolonial belanda, yang kala itu merupakan sekolah kedokteran bernama STOVIA.

Pada tahun 1950-lah nama Universiteit Indonesia mulai digunakan yang kala itu memiliki Fakultas Kedokteran, Hukum, Sastra dan Filsafat di Jakarta, Fakultas Teknik  di Bandung, Fakultas Pertanian di Bogor, Fakultas Kedokteran Gigi di Surabaya, serta Fakultas Ekonomi di Makassar

2. Institut Teknologi Bandung (ITB)

Lembaga yang memiliki moto 'Institut Terbaik Bangsa' ini juga tercatat memiliki jumlah lulusan yang besar di perusahaan-perusahaan startup unicorn. Di Bukalapak, Gojek, dan Traveloka, lulusan ITB menempati posisi kedua terbanyak diantara lulusan lainnya, hanya kalah dai UI. Bila ditotal, jumlah alumni ITB di empat unicorn asal Indonesia mencapai 638 orang.

Institut Gajah Duduk juga memiliki reputasi yang cemerlang di berbagai bidang teknologi. Program studi seperti teknik mesin, teknik elektronika dan teknik informatika merupakan jurusan yang paling diminati di ITB. Kini ITB tengah mengembangkan kampus baru yang ada di Jatinangor, berseberangan dengan Universitas Padjadjaran.

Awalnya, ITB merupakan Fakultas Teknik yang tergabung dalam UI. Namun dalam perkembangannya, ITB memisahkan diri menjadi lembaga pendidikan yang terpisah.

3. Universitas Bina Nusantara (Binus)

Lulusan Binus juga ternyata menjadi favorit para unicorn. Jika ditotal, jumlah lulusan Binus di empat unicorn Indonesia mencapai 638 orang.

Apalagi di Tokopedia, dimana lulusan Binus tercatat paling banyak dibanding alumni universitas lainnya. Sebagai informasi, pendiri Tokopedia, Wiliam Tanuwijaya merupakan lulusan Universitas Bina Nusantara (Binus).

Sementara di tiga perusahaan lainnya (Bukalapak, Gojek, dan Traveloka), lulusan Binus merupakan yang terbanyak ketiga dibanding alumni universitas lainnya. Binus selama ini dikenal dengan universitas yang unggul dalam bidang teknologi informasi, menjadikan lulusannya diminati perusahaan berbasis teknologi.

Sebagai catatan, informasi yang dikemukakan didapat dari jejaring sosial yang merupakan data umum, sehingga hanya dapat memperlihatkan gambaran umum. Sementara universitas yang menjadi tinjauan seluruhnya merupakan universitas dalam negeri.

Perhatian

Artikel ini merupakan tulisan pembaca Katuju.id. Penggunaan konten milik pihak lain sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis.