Secangkir Kopi di Pagi Hari Pangkas Risiko Kanker Hati Hingga 50 Persen

Katuju.id - Memulai hari dengan secangkir kopi sudah jadi kebiasaan bagi para penikmat kafein. Selain jadi suntikan stamina, minuman ini rupanya punya manfaat ekstra.

Sebuah penelitian di Queen's University Belfast menyebut, secangkir kopi tiap hari bisa memangkas risiko kanker hati. Kandungan polifenol di dalamnya mencegah sel kanker untuk membelah diri.

Dalam penelitiannya, para ilmuwan menemukan bahwa risiko karsinoma hepatoselular berkurang 50 persen pada peminum kopi. Jenis karsinoma ini adalah penyebab 9 dari 10 kasus kanker hati.

"Temuan kami menegaskan bahwa kopi mungkin punya manfaat kesehatan," jelas Dr Una McMenamin, dikutip dari Dailymail.

Penelitian ini melibatkan lebih dari 360 ribu peminum kopi dan lebih dari 100 ribu partisipan yang tidak minum kopi. Kondisi kesehatan para partisipan dipantau dalam periode 7,5 tahun melalui arsip kanker nasional.

Didapatkan, risiko kanker hati pada peminum kopi 50 persen lebih rendah dibanding pada partisipan yang tidak minum kopi. Tiap 1 cangkir yang dikonsumsi, risiko berkurang 13 persen.

Sumber: detik.com

Perhatian

Artikel ini merupakan tulisan pembaca Katuju.id. Penggunaan konten milik pihak lain sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis.