Rakor Program Rehabilitasi Sosial Korban Penyalahgunaan Napza dan Pencegahan Penyebaran HIV/AIDS

Katuju.id - Kepala Dinas Sosial Kaltim, HM. Agus Hari Kesuma, Senin (25/11) pagi membuka sekaligus memberikan arahan dalam kegiatan ‘Rapat Koordinasi Program Rehabilitasi Sosial Korban Penyalahgunaan Napza dan Pencegahan Penyebaran HIV/AIDS’ yang dilaksanakan oleh Bidang Pelayanan dan Rehabilitasi Sosial melalui Seksi Tuna Sosial di Ruang Kenohan, Selyca Mulia Hotel, Samarinda.

Dalam sambutannya, Kadis Sosial mengatakan, dalam permasalahan terkait dengan penyalahgunaan atau pecandu serta permasalahan HIV/AIDS. Dinas Sosial Kaltim memiliki peran dan fungsi Rehabilitasi Sosial yaitu proses kegiatan pemulihan secara terpadu baik fisik, mental maupun sosial.

Sehingga para pecandu atau esk pengguna napza dapat kembali melaksanakan fungsi sosial dalam kehidupan masyarakat, melalui program pembinaan eks penyandang penyakit sosial (eks narapidana, PSK, narkoba dan penyakit sosial lainnya).

“Dampak sosial ekonomi akibat HIV/AIDS terjadi bukan semata-mata karena jumlah orang terinfeksi yang tinggi, tetapi juga karena sebagian besar korbannya berada pada usia produktif antara 18 hingga 40 tahun,” tegasnya.

Lebih lanjut Kadis Sosial mengatakan bahwa penggunaan dan peredaran narkoba khususnya di Kaltim dari hari ke hari semakin memprihatinkan sehingga mengancam masa depan generasi muda yang merupakan generasi penerus bangsa, oleh karena itu penanganan dan pencegahannya memerlukan kerjasama seluruh pihak di masyarakat untuk bersama-sama pemerintah melakukan deteksi dini dan upaya-upaya memerangi peredaran dan penyalahgunaan narkoba.

Sementara itu Ketua Panitia kegiatan, Sapran AKS, yang juga menjabat sebagai Kasi Tuna Sosial, dalam laporannya menyebutkan, bahwa kegiatan tersebut melibatkan sebanyak 25 peserta, terdiri dari unsur pemerintah dan unsur organisasi sosial kemasyarakatan.

Adapun untuk nara sumber terdiri dari Dinas Sosial Kaltim, Dinas Kesehatan Kaltim, Komisi Pencegahan Aids/HIV (KPA) serta dari yayasan Sekata.

Perhatian

Artikel ini merupakan tulisan pembaca Katuju.id. Penggunaan konten milik pihak lain sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis.