Penyuluhan Hipertensi Demi Hidup Sehat

Katuju.id - Tim PKRS RSUD dr. Kanujoso Djatiwibowo Balikpapan melaksanakan kegiatan penyuluhan kesehatan di ruang rawat inap (Kemuning). Penyuluhan ini dilaksanakan pada Rabu (24/4) pukul 11 Wita dan berakhir 12.15 Wita.

Mengangkat tema hipertensi, penyuluhan ini oleh dr. Marissa Aprilya. Peserta yang menghadiri sebagian dari keluarga pasien ruang Kemuning dan juga dari ruang perawatan lain, walaupun ruangan sempit namun tetap dapat menampung para peserta. 

Hipertensi (tekanan darah tinggi) adalah terjadinya peningkatan tekanan darah secara kronis (dalam jangka waktu lama ± 3 bulan) yaitu lebih dari 140/90 mmHg). Hipertensi sering disebut silent killer (pembunuh diam-diam) karena tidak disadari oleh di penderita,” kata dr. Marissa 

Adapun gejala timbulnya hipertensi seperti sakit kepala, sakit duduk, sulit tidur, cepat lelah, gelisah, sesak napas, dan pandangan menjadi kabur. Sedangkan penyebabnya dibagi menjadi dua yaitu hipertensi primer dan sekunder.

Sedangkan komplikasi yang sering terjadi dari Hipertensi adalah Stroke dan Jantung. Hipertensi bisa dicegah dengan cara mengurangi asupan garam, mengatur pola makan, berhenti merokok, istirahat, olahraga, menghindari stres, dan melakukan kontrol ke dokter.

Penyuluhan ini dilaksanakan agar pasien dan kelarga pasien tertambah pengetahuannya terkait bahaya hipertensi. Selain itu agar tercapai tujuan hidup sehat dengan cara memengaruhi masyarakat.

Kegiatan ini rutin dilaksanakan, untuk area poli klinik sekali selama sebulan sedangkan area rawat inap dua kali sebulan dengan materi yang berbeda-beda.

“Semoga dengan kegiatan ini dapat menambah pengetahuan dan wawasan kepada masyarakat untuk menerapkan gaya hidup sehat sehari-hari sehingga dapat melaksanakan aktifitas dengan baik,” tutupnya.


Perhatian

Artikel ini merupakan tulisan pembaca Katuju.id. Penggunaan konten milik pihak lain sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis.