Dubes Malaysia Promosi Ke Samarinda

Katuju.id - Kedatangan Duta Besar (Dubes) Malaysia Tuan Yang Terutama Datuk Zainal Abidin Bakar di Samarinda langsung disambut Walikota Samarinda Syaharie Jaang, Senin (18/19).

Setiba di bandara langsung dibawa ke desa budaya Pampang untuk memperkenalkan salah satu budaya asli Kalimantan suku Dayak.

Tak sampai di sini malam harinya langsung giliran Dubes Malaysia yang berpromosi dalam acara promosi masakan dan makanan khas di Hotel Bumi Senyiur Samarinda.

Tampak lahap walikota yang lengkap didampingi Wakil Walikota M Barkati dan Sekda Kota Samarinda Sugeng Chairuddin menyatap beberapa makanan khas Malaysia. Terlihat mulai Nasi Minyak, Nasi Kuching, Laksa Kedah, Nasi Daging dan Kwe Tiau begitu menggugah selera.

Dengan tema 'Taste Of Malaysia', program ini kembali dihadirkan setelah sebelumnya diadakan di pulau Jawa dan Sumatra, kali ini giliran lidah warga Kalimantan Timur khususnya Kota Samarinda dimanjakan oleh kekayaan kuliner istimewa dari negeri Jiran ini.

Pada kesempatan itu Jaang mengucapkan selamat datang kepada Dubes Datuk Zainal Abidin Bakar telah berkenan hadir ke Kota Samarinda.

Karena menurutnya selama menjabat mulai dari Wakil Wali Kota hingga saat sekarang ini baru kali ini kedatangan dari Kedubes Malaysia.

"Sampaikan salam hormat kami kepada seluruh masyarakat Malaysia, kita tetangga satu rumpun, semoga dengan adanya kegiatan seperti ini bisa lebih mempererat lagi hubungan antar negara Malaysia dan Indonesia," ucap Jaang.

Jaang melanjutkan, kota Samarinda saat ini mengalami perkembangan yang sangat pesat pada sektor kuliner, masakan khas malaysia seperti nasi Lemak dan Teh Tarik  sudah sangat familiar di lingkungan Kota Samarinda.

Dengan hadirnya program promosi ini Jaang merasa nantinya akan ada banyak lagi pilihan makanan khas Malaysia yang akan dikenal warga.

Sementara Dubes Malaysia dalam sambutannya mengatakan tujuan program ini merupakan usaha Kedutaan Besar untuk  memperkenalkan Malaysia ke negara luar sekaligus upaya mendekatkan silaturahmi antara dua negara serumpun dengan harapan dapat saling mengenal makanan Malaysia dan Kalimantan Timur.

"Tujuannya untuk memperkenalkan masakan khas malaysia, sehingga tidak perlu jauh pergi Malaysia, chef professionalnya pun didatangkan langsung khusus dari Malaysia agar cara penyediaannya juga asli. Terima kasih kami haturkan kepada tuan - tuan sekalian mulai kami tiba di bandara hingga malam ini disambut dengan hangat oleh Walikota Samarinda," pungkas Datuk.