Bandara APT Pranoto Tutup Sementara, Penumpang yang Terlanjur Beli Tiket Silahkan Cek ke Maskapai

Katuju.id - Terhitung tanggal 20 November sampai 15 Desember 2019 mendatang, aktifitas Bandara APT Pranoto, Kelurahan Sungai Siring, Kecamatan Samarinda Utara bakal ditutup sementara.

Penutupan ini lantaran bandara yang diresmikan Presiden Joko Widodo pada 25 Oktober 2018 lalu akan dilakukan perbaikan. Adapun perbaikan aspal disisi taxiway dan pemasangan lampu Airfield Lighting System (AFL).

Seperti disampaikan, Kepala UPBU Bandara APT Pranoto, Dodi Dharma Cahyadi bahwa selama penutupan sementara terkait kegiatan tersebut. Sejumlah penerbangan dari dan ke Bandara APT Pranoto dialihkan ke Bandara Sepinggan, Balikpapan.

"Total maskapai ada 8. Diantaranya Garuda, Batik, Wings, Lion, Express, Susi Air, Nam Air. Sedangkan penerbangannya mengalami peningkatan sebanyak 48 dalam sehari," terang Dodi, Jumat (8/11).

Pun, pihaknya sudah koordinasi dengan Angkasa Pura 1 di Balikpapan terkait adanya kegiatan di Bandara APT Pranoto.

Sedangkan, terkait penumpang yang sudah terlanjur membeli tiket. Dodi menyampaikan menjadi tanggungjawab masing-masing maskapai.

"Itu tanggungjawab maskapai. Nanti pemberitahuannya lewat broadcast SMS dan email. Sehingga bisa memindahkan jauh-jauh hari untuk reservasi," jelasnya.

Lebih jauh disampaikannya, adanya kegiatan selama 26 hari itu. Tak menutup kemungkinan ada penambahan rute penerbangan untuk malam harinya.

"Selama ini kan, penerbangan sampai sore hari saja. Saat ini yang mau masuk Sriwijaya dan masih tahap kajian," terangnya.

Sekedar diketahui untuk dua kegiatan tersebut menggunakan total anggaran Rp 15 miliar dari APBN. Dengan rincian Rp 12 miliar untuk pemasangan AFL dan Rp 3 miliar untuk pengaspalan sisi taxiway.

Perhatian

Artikel ini merupakan tulisan pembaca Katuju.id. Penggunaan konten milik pihak lain sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis.