Akibat Kabut Asap, Penerbangan di APT Pranoto Hari Ini Dibatalkan

Katuju.id - Di informasikan saat ini Kota Samarinda sedang di dikepung asap tebal akibat kebakaran ladang hutan. Di mana berdampak pada kegiatan penerbangan di Bandara APT. Pranoto Samarinda, jarak pandang saat ini terbatas hanya 800m.

Yang mana jarak pandang minimal yang aman sesuai prosedur untuk penerbangan di Bandara APT Pranoto adalah 5000 m.

Hal ini menyebabkan terganggunya beberapa penerbangan dari dan menuju Samarinda, ada yang harus Divert menuju Balikpapan dan adapula penerbangan yang mengalami keterlambatan (delay flight). Sampai dengan berita ini di turunkan pihak Perum LPPNPI, PIA Balikpapan yang merujuk pada data cuaca terkini dari BMKG Samarinda mengeluarkan Notam VBM (Visibility Bellow Minima) di Bandara APT Pranoto.

“Kami akan terus menginformasikan perkembangan terkait kondisi Force Major penerbangan Di Bandara APT. Pranoto Samarinda. UPBU Apt Pranoto selaku penyelenggara tetap siap dan selalu siaga, memberikan pelayanan dengan baik sesuai prosedur kepada pengguna jasa penerbangan,” terang Kepala Bandara APT Pranoto, Dody Dharma Chandra.

Lanjutnya, pihak maskapai diharapkan memberikan SOP Pelayanan mengacu dan sesuai PM 89 Tahun 2015 perihal Delay Manajemen dengan baik.

Jika terjadi cancel flight atau pada akhirnya pembatalan bagi pihak maskapai yaitu memberikan refund or re-schedule ticket, dengan membantu dan melayani penumpang untuk proses tersebut dengan baik dan penuh kerjasama .

Perhatian

Artikel ini merupakan tulisan pembaca Katuju.id. Penggunaan konten milik pihak lain sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis.