Sambut Kemeriahan HKN ke-55 Tahun 2019, Sejumlah Kegiatan Pemeriksaan Kesehatan Digelar Dinkes Samarinda

Katuju.id - Untuk memeriahkan Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke-55 tahun 2019, yang jatuh 12 November nanti. Dinas Kesehatan Samarinda telah melaksanakan sejumlah kegiatan di Kota Tepian.

Adapun rangkaian kegiatan tersebut sudah dilaksanakan sejak 20 Oktober lalu. Mulai gerakan masyarakat (Germas) meliputi launching minum jamu bersama, launching Posyandu Sijira, makan buah dan senam bersama.

Setelah itu, tanggal 25 Oktober kembali mengadakan kegiatan Isi Piringku dan dilanjutkan bermacam-macam lomba dan seminar. Mulai tenis meja, futsal dan senam tubilo.

"Intinya kegiatan ini bertujuan mendekatkan pada masyarakat pentingnya masalah kesehatan," terang Sekretaris Dinkes Samarinda, dr Ismet Kusasih, Jumat (8/11).

Lebih jauh dikatakannya, HKN ke-55 tahun bertajuk Generasi Sehat Indonesia Unggul merupakan tema Peringatan HKN diakhir periode pembangunan 2015-2019 ini.

Pemilihan tema ini dimaknai sebagai pemuncak dari upaya bersama seluruh pemangku kepentingan pembangunan kesehatan dalam lima tahun terakhir.

Tetapi dimaknai dengan kesiapan bidang kesehatan untuk terlibat aktif dalam pembangunan periode berikutnya yang menitiberatkan pada aspek sumber daya manusia (SDM). Diyakini, SDM yang sehat mampu membawa keunggulan bagi bangsa.

Peringatan yang digelar tiap tahunnya tak hanya dilaksanakan oleh jajaran kesehatan saja. Akan tetapi melibatkan pemerintah daerah, organisasi masyarakat, akademisi sampai sektor swasta. Tujuannya, dengan melibatkan segala elemen masyarakat semakin besar pula keunggulan bangsa melalui pembangunan kesehatan yang dicapai.

"Makanya kami juga menggelar kegiatan kembali ke alam dengan pelayanan kesehatan tradisional. Seperti mengingatkan masyarakat tentang pengobatan herbal. Contohnya membiasakan minum jamu dan makanan sehat," jelasnya.

Sementara itu, Ketua Panitia HKN Dinkes 2019, Dr Melliyanti Agustini menambahkan ajakan pentingnya berolahraga dengan cara mempromosikan ke masyarakat.

Apalagi saat ini banyaknya makanan siap saji yang ada. Membuat kesadaran masyarakat akan pentingnya kesehatan berkurang.

Maka dari itu, pihaknya gencar mempromosikan pentingnya kesehatan melalui senam. Saay ini, terjadi peningkatan penyakit tidak menular. Misalnya diabetes dan hipertensi.

"Dipuncak acara HKN di 10 November nanti, tak hanya senam saja. Akan ada pemeriksaan kesehatan dan akupuntur," tambah Melliyanti.

Bahkan, kegiatan yang dipusatkan di Taman Samarendah itupun akan menyiapkan berbagai dooprize bagi masyarakat yang hadir.

Perhatian

Artikel ini merupakan tulisan pembaca Katuju.id. Penggunaan konten milik pihak lain sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis.