Festival Mahakam Kembali Masuk 100 CoE Wonderful Kemenpar

Katuju.id - Menyukseskan target wisatawan mancanegara dan domestik yang ingin dicapai Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, yakni 20 juta wisatawan.

Sesuai arahan Presiden RI Joko Widodo, meminta Kemenpar agar mempromosikan destinasi daerah seluruh Indonesia melalui gelaran event yang mempesona.

Dengan kultur yang beragam, pelestarian budaya dan tradisi lokal. Lewat 100 Calendar of Events Wonderful. Diantaranya events Festival Mahakam Kota Samarinda.

Tercatat event Festival Mahakam XIX sudah masuk tahun kedua dalam agenda 100 Calendar of Wonderful Kemenpar RI.

Pun tahun depan, Festival Mahakam kembali masuk 100 Calendar of Event Wonderful mengikuti 2 kabupaten/kota lainnya yaitu Balikpapan dan Tenggarong. Demikian disampaikan Kepala Dinas Pariwisata Kaltim, Sri Wahyuni.

Menyambut hal tersebut tentunya segala persiapan untuk meningkatkan kualitas Festival Mahakam sendiri perlu dilakukan.
Pasalnya event ini menjadi ruang aktualisasi seni budaya dan pintu masuk bagi pengunjung destinasi.

Seperti diutarakan, Wali Kota Samarinda, Syaharie Jaang bahwa kedepannya bakal menjalin kerjasama dengan Banyuwangi.

"Kita kerjasamanya dalam bentuk promosi. Makanya diacara ini kami undang pihak DPRD-nya," ucap Jaang usai membuka Festival Mahakam di Amphiteater Tepian Samarinda, Jumat (1/11) malam.

Masuknya Festival Mahakam ditahun depan. Tentunya banyak harapan dan peningkatan yang ingin dicapai.

Wali Kota dua periode itu berharap masyarakat Samarinda merasa memiliki kegiatan ini sebagai ajang silahturahmi. Terpenting pelestarian budaya dan bisa meningkatkan ekonomi kerakyatan.

"Kan bisa dilihat adanya event ini, pasti banyak pedagang juga," tandasnya.

Terpisah, Kadispar Samarinda, I Gusti Ayu Sulistiani merasa bangga Festival Mahakam masuk kembali di 100 Calendar of Wonderful 2020.

Banyak hal yang mesti dipersiapkan untuk meningkatkan, karena imbasnya sangat luas, mulai dari hotel, UMKM dan transportasi. Oleh sebab itu, evaluasi terus menerus dilakukan pihaknya.

"Bagaimana event yang diadakan bertaraf internasional. Supaya tamu-tamu baik luar negeri atau domestik datang ke Kaltim. Kan Kaltim sebagai IKN, ini menjadi modal utama kita tentunya," terang Ayu begitu disapa.

Untuk Fesma XIX akan diwarnai 37 agenda acara selama 3 hari pelaksanaanya. Diantaranya Trip & Investment, Rembug Pariwisata, Lomba Fotografi, Lomba Berenang menyeberangi Sungai Mahakam dan Jelajah Mahakam.

Perhatian

Artikel ini merupakan tulisan pembaca Katuju.id. Penggunaan konten milik pihak lain sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis.